Di Desa Somokaton pada awal tahun 2020 ini diawali dengan adanya terjangkitnya beberapa warga Dusun Banaran yang terkena demam berdarah yang kemudian pada hari Kamis, tgl 30 Januari 2020 dilaksanakan pen gasapan (voging) di dusun Banaran oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, setelah sebelumnya telah dilakukan penyelidikan dan diambil sample oleh pihak Puskemas Kec. Ngluwar dan benar- benar terdapat jentik-jentik nyamuk penyebab Demam Berdarah di wilayah tersebut.

Pada hari ini hari jumat tgl 7 Februari 2020 dilaksanakan kegiatan Jumat bersih, demi mendukung terjaganya kebersihan dan kenyamanan di desa Somokaton. Pemerintah Desa Somokaton bersama dengan masyarakat Desa melakukan gotong royong di Desa Somokaton di lingkungan Masing masing pada umumnya dan juga disekitar balai Desa Somokaton. Kebersihan merupakan sesuatu yang sangat penting untuk kehidupan pribadi maupun lingkungan. Karena lingkungan yang bersih tanda lingkungan yang sehat dan masyarakat yang peduli akan kebersihan lingkungan merupakan hal penting dalam pencegahan penularan penyakit.

kegiatan Jumat bersih ini diharapkan dapat berlanjutan setiap hari jum'at agar tercipta Desa Somokaton yang  bebas dari sampah dan sumber penularan penyakit segera tercapai, dan juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar, untuk menciptakan lingkungan dan masyarakat yang bersih dan sehat. Adapun sedikit hambatan dikarenakan adanya warga yang menyewa rumah dan bukan merupakan warga desa somokaton, yang kurang antusias dan kurang menjaga kebersihan sampah dilingkungannya.