Sebuah harapan baik  dari masyarakat Dusun Somokaton dan didukung oleh semangat dan swadaya masyarakat baik berupa tenaga, pikiran ataupun dana, dan juga atas dukungan dari para donatur antara lain dari yayasan  Lazis Al-Madinah, telah diselesaikan pembangunan masjid Ar-Rohman Dusun Somokaton, Desa Somokaton, Kecamatan Ngluwar.
 
Pada hari Sabtu, 7/3/2020 bertempat di Dusun Somokaton rt 01 rw 02, Desa Somokaton, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang telah berlangsung peresmian dan pengajian akbar dalam rangka “Peresmian Masjid Ar-Rohman”dan "Peringatan Isro'mi'roj Nabi  Muhammmad SAW. Acara Peresmian masjid Ar-Rohman dilaksanakan dengan prosesi acara sebagai berikut : Sambutan Bupati, Pemotongan Tumpeng, dilanjutkan penandatanganan prasasti, pemotongan pita dan pembukaan pintu Masjid Ar-Rohman oleh Bupati Magelang Bp. Zaenal Arifin Sip yang kemudian dilanjutkan pengajian akbar peringatan Isra' mi'roj Nabi Muhammad SAW

Pengajian Akbar ini dengan mendatangkan KH. Sholikun dari Geger, Tegal rejo,  kabupaten Magelang, dengan di hadiri lebih dari 1000 Jemaah yang berasal dari masyarakat Desa Somokaton dan sekitar Desa Somokaton. Dalam pengajian ini banyak petuah – petuah yang disamapikan agar lebih memakmurkan Masjid, baik untuk beribadah dan untuk kegiatan keagamaan di serambi masjid.
 
Dengan peresmian dan pengajian akbar ini  diharapkan  agar Masyarakat Desa Somokaton khususnya Jama'ah Masjid Ar-Rohman  dapat lebih semangat dalam beribadah, memakmurkan masjid AR-Rohman di Dusun Somokaton,  meningkatkan budaya, meningkatkan rasa saling menghargai perbedaan dan menjaga persatuan dan kesatuan antar umat beragama, agar tercipta kondisi yang guyup rukun aman, tenteram.